Langkah-langkah
1) Menentukan
Range (R)
Yaitu data
terbesar dikurangi dengan data terkecil.
R = Data
terbesar-Data terkecil
2) Menentukan
banyak kelas yang akan dibuat (K).
K = 1 + 3,33
log N
Dimana:
K= banyak
kelas yang akan dibuat
N= banyaknya
data
3) Menentukan
panjang interval kelas (I)
I = R/K
Dimana :
I = Interval
kelas
R = Range
K = Banyak
kelas yang akan dibuat
4)
Menentukan ujung bawah/limit bawah kelas yang pertama. Ujung
bawah/limit bawah kelas yang pertama ditentukan dengan cara
mengambil data terkecil.
5)
Menentukan batas bawah dari batas kelas yang pertama.Batas bawah dari batas
kelas yang pertama ditentukan dengan cara
mengurangi dengan angka 0,5 dari ujung bawah/limit bawah kelas yang pertama.
Catatan :
a)
Bila data dicatat dalam bilangan bulat maka batas bawah dari batas kelas yang
pertama adalah ujung bawah/limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi dengan
angka 0,5
b)
Bila data dicatat satu angka dibelakang koma, maka batas bawah dari batas kelas
yang pertama adalah ujung bawah/limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi
dengan angka 0,05
c)
Bila data dicatat dua angka dibelakang koma maka batas bawah dari batas kelas
yang pertama adalah ujung bawah/limit bawah dari kelas yang pertama dikurangi
dengan angka 0,005
6)
Menentukan batas atas dari batas kelas yang pertama.
Batas atas
dari batas kelas yang pertama dapat ditentukan dengan mempergunakan rumus I =
BaKlsI – BbKlsI
Dimana :
I = Interval
kelas
BaKlsI =
Batas atas kelas yang pertama
BbKlsI =
Batas bawah kelas yang pertama
7)
Menentukan limit atas dari kelas yang pertama.
Limit atas
dari kelas yang pertama ditentukan dengan cara mengurangi dengan angka 0,5 dari
ujung bawah/limit bawah kelas yang pertama.
Catatan :
a)
Bila data dicatat dalam bilangan bulat maka batas atas dari kelas yang pertama
adalah batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi dengan angka 0,5
b)
Bila data dicatat satu angka dibelakang koma, maka limit atas dari kelas yang
pertama adalah batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi dengan angka
0,05
c)
Bila data dicatat dua angka dibelakang koma maka limit atas dari kelas yang
pertama adalah batas atas dari batas kelas yang pertama dikurangi dengan angka
0,005
8)
Mendaftarkan/menentukan kelas/batas kelas yang lain.
Kelas-kelas
yang lain ditentukan dengan cara menambahkan nilai interval pada limit bawah
dan limit atas terhadap kelas yang sebelumnya atas yang diatasnya, demikian
juga dalam menentukan batas kelas-batas kelas yang lain yaitu dengan jalan
menambahkan interval pada batas bawah/batas atas dari batas kelas sebelumnya.
Contoh:
Bila data
hasi survey tentang produktivitas padi sawah pada suatu desa adalah sebagai
berikut:
15
|
5
|
11
|
7
|
9
|
15
|
10
|
11
|
6
|
9
|
15
|
10
|
8
|
6
|
13
|
5
|
10
|
8
|
7
|
13
|
5
|
12
|
8
|
9
|
14
|
Berkaitan
dengan data diatas jawablah pertanyaan berikut:
a)
Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi,
b)
Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi relatif dan
persentase,
c)
Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi komulatif untuk tanda
kelas lebih kecil atau sama dengan (≥),
d)
Susunlah data diatas kedalam daftar distribusi frekuensi komulatif untuk tanda
kelas lebih kecil atau sama dengan (≤),
e)
Hitunglah nilai tengah ( NT ) dari data diatas,
f)
Hitunglah median ( ME),
g)
Hitung modus (Mo)
Jawab:
a)
Daftar distribusi frekuensi
1)
Range = Data terbesar – Data terkecil
15 – 5 = 10
2)
K = 1 + 3,33 log N
= 1 + 3,33
log 25
= 5,662
= 5
3)
I = R/K
= 10/5
= 2
4)
Limit bawah kelas yang pertama
Karena data
terkecil adalah 5 maka limit bawah kelas yang pertama adalah 5
5)
Batas bawah dari batas kelas yang pertama
Limit bawah
dari kelas yang pertama dikurangi 0,5 = 4,5
6)
Batas atas dari batas kelas yang pertama
I = BaKls –
BbKls
2 = BaKls –
4,5
BaKls = 6,5
7)
Limit atas dari kelas yang pertama
Batas atas
dari batas kelas yang pertama dikurangi 0,5 = 6
Daftar
distribusi frekuensi absolut
Kelas
|
Batas
Kelas
|
Titik
TengahKelas
|
Tally
|
Frekuensi
|
5 – 6
|
4.5 – 6,5
|
5,5
|
5
|
|
7 – 8
|
6,5 – 8,5
|
7,5
|
5
|
|
9 – 10
|
8,5 – 10,5
|
9,5
|
6
|
|
11 – 12
|
10,5 –
12,5
|
11,5
|
3
|
|
13 – 14
|
12,5 –
14,5
|
13,5
|
3
|
|
15 – 16
|
14,5 –
16,5
|
15,5
|
3
|
|
Total
|
25
|
Daftar
distribusi frekuensi relatif
Kelas
|
Batas
Kelas
|
Titik
TengahKelas
|
Tally
|
Frekuensi
relatif
|
5 – 6
|
4.5 – 6,5
|
5,5
|
5/25
|
|
7 – 8
|
6,5 – 8,5
|
7,5
|
5/25
|
|
9 – 10
|
8,5 – 10,5
|
9,5
|
6/25
|
|
11 – 12
|
10,5 –
12,5
|
11,5
|
3/25
|
|
13 – 14
|
12,5 –
14,5
|
13,5
|
3/25
|
|
15 – 16
|
14,5 –
16,5
|
15,5
|
3/25
|
|
Total
|
25/25
|
Daftar
distribusi frekuensi persentae ( % )
Kelas
|
Batas
Kelas
|
Titik
TengahKelas
|
Tally
|
Frekuensi
( % )
|
5 – 6
|
4.5 – 6,5
|
5,5
|
20
|
|
7 – 8
|
6,5 – 8,5
|
7,5
|
20
|
|
9 – 10
|
8,5 – 10,5
|
9,5
|
24
|
|
11 – 12
|
10,5 –
12,5
|
11,5
|
12
|
|
13 – 14
|
12,5 –
14,5
|
13,5
|
12
|
|
15 – 16
|
14,5 –
16,5
|
15,5
|
12
|
|
Total
|
100
|
Daftar
distribusi frekuensi komulatif lebih besar dari (≥)
Batas
Kelas
|
Titik
TengahKelas
|
Tally
|
Frekuensi
|
≥ 4.5
|
5,5
|
25
|
|
≥ 6,5
|
7,5
|
20
|
|
≥ 8,5
|
9,5
|
15
|
|
≥ 10,5
|
11,5
|
9
|
|
≥ 12,5
|
13,5
|
6
|
|
≥ 14,5
|
15,5
|
3
|
|
Total
|
Daftar
distribusi frekuensi komulatif lebih kecil dari (≤)
Batas
Kelas
|
Titik
TengahKelas
|
Tally
|
Frekuensi
|
≥ 4.5
|
5,5
|
0
|
|
≥ 6,5
|
7,5
|
5
|
|
≥ 8,5
|
9,5
|
10
|
|
≥ 10,5
|
11,5
|
16
|
|
≥ 12,5
|
13,5
|
19
|
|
≥ 14,5
|
15,5
|
22
|
|
Total
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar